Sabtu, 31 Maret 2012

Ayo Jangan Buang Sampah Sembarangan !

Buang sampah sembarangan mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, kenapa saya bilang begitu? karena setiap orang yang saya temui pasti ada saja yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Padahal, sudah disediakan tempat sampah untuk membuang sampah, tapi tetap saja mereka lebih suka buang sampah sembarangan. Sudah sering kita mendengar kalimat ajakan "ayo buanglah sampah pada tempatnya", tapi tetap saja mereka semua mengabaikannya.

Memang tidak semua orang seperti itu yang seenaknya saja membuang sampah sembarangan, tapi saya lebih sering melihat orang-orang yang seenaknya saja membuang plastik atau kardus bekas makanan atau minuman yang telah mereka habiskan di buang seenaknya di jalanan atau diangkutan umum. Banyak juga orang yang membuang sampahnya di kali atau got pinggir rumah, apa mereka tidak memikirkan dampak buruknya akibat membuang sampah di kali tersebut, karena dengan banyaknya sampah yang mereka buang ke kali akan menyebabkan kali tersumbat dan meluap akibatnya terjadilah banjir.


Memang sangat rumit sekali masalah sampah ini, sangat sulit menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah menjangkiti banyak orang. Seharusnya kita semua sadar akan kenyamanan dan kebersihan lingkungan kita sendiri, memang pemerintah seharusnya lebih memperhatikan masalah ini, namun kita harus lebih mandiri dengan menyelesaikan masalah ini sendiri dengan lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kita dengan tidak membuang sampah sembarangan karena ini untuk kebaikan kita juga. Kita yang menanamkan kebaikan kita juga yang akan memanen hasilnya, betul tidak!

Nah, dengan kita sudah terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya ketika kita berada di tempat umum, sebaiknya sampah-sampah yang terkumpul di rumah kita pisahkan antara sampah organik dan anorganik. Karena sangat banyak sekali manfaatnya jika kita memisahkan kedua jenis sampah tersebut, misalnya saja hasil sampah organik berupa dedaunan kering dan juga sampah kulit buah bisa diolah menjadi pupuk untuk menyuburkan tanaman, dan untuk sampah anorganik seperti sampah plastik detergen atau mie instant dan sampah plastik lainnya bisa kita manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan seperti, membuat kerajinan payung, tas, dan masih banyak lagi yang hasilnya bisa kita gunakan sendiri atau kita jual ke orang lain dan jika kita jual akan menghasilkan uang.


Wah, ternyata jika sampah kita manfaatkan dengan baik banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan sebaik mungkin jangan sampai sekalipun membuang sampah sembarangan, dimulai dari lingkungan kecil yaitu lingkungan sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar